Soal dan Jawaban Kesehatan - Keselamatan – Keamanan Kerja

Soal dan Jawaban Kesehatan - Keselamatan – Keamanan Kerja

1. Ada tiga hal penting dalam membangun budaya keselamatan, sebutkan !

Jawab : Pertama adanya tata nilai keselamatan, Kedua adanya pola perilaku yang sama, Ketiga keselamatan adalah tanggungjawab semua orang dalam organisasi.

2. Sebutkan fungsi budaya keselamatan Menurut Reason !

Jawab : Meminimalkan kemungkinan kecelakaan akibat kesalahan yang dilakukan individu, Meningkatkan kesadaran akan bahaya melakukan kesalahan, Mendorong pekerja utk menjalani setiap prosedur dalam semua tahap pekerjaan, Mendorong pekerja untuk melaporkan kesalahan / kekurangan sekecil apapun yang terjadi utk menghindari terjadinya kecelakaan.

3. Apa definisi dari kesehatan kerja ?

Jawab : Kesehatan kerja adalah suatu kondisi kesehatan yang bertujuan agar masyarakat pekerja memperoleh derajat kesehatan setinggi-tingginya, baik jasmani, rohani, maupun sosial, dengan usaha pencegahan dan pengobatan terhadap penyakit atau gangguan kesehatan yang disebabkan oleh pekerjaan dan lingkungan kerja maupun penyakit umum.

4. Jelaskan arti dari keselamatan kerja !

Jawab : Keamanan kerja adalah unsur-unsur penunjang yang mendukung terciptanya suasana kerja yang aman, baik berupa materil maupun nonmateril.

5. Sebutkan apasaja yang menjadi unsur-unsur penunjang keamanan yang bersifat material !

Jawab : Baju kerja, Helm, Kaca mata, Sarung tangan, Sepatu.

6. Sebutkan apasaja yang menjadi unsur-unsur penunjang keamanan yang bersifat nonmaterial !

Jawab : ) Buku petunjuk penggunaan alat, Rambu-rambu dan isyarat bahaya, Himbauan-himbauan, Petugas keamanan.

7. Apa tujuan Kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja ?

Jawab : untuk menjamin kesempurnaan atau kesehatan jasmani dan rohani tenaga kerja serta hasil karya dan budayanya.

8. Apa ruang lingkup kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja ?

Jawab : Memelihara lingkungan kerja yang sehat, Mencegah dan mengobati kecelakaan yang disebabkan akibat pekerjaan sewaktu bekerja, Mencegah dan mengobati keracunan yang ditimbulkan dari kerja, Memelihara moral, mencegah, dan mengobati keracunan yang timbul dari kerja, Menyesuaikan kemampuan dengan pekerjaan, dan Merehabilitasi pekerja yang cedera atau sakit akibat pekerjaan.

9. Keselamatan kerja mencakup pencegahan apasaja ?

Jawab : kecelakaan kerja dan perlindungan terhadap terhadap tenaga kerja dari kemungkinan terjadinya kecelakaan sebagai akibat dari kondisi kerja yang tidak aman dan atau tidak sehat.

10. Penerapan budaya keselamatan dijabarkan menjadi 5 karakteristik budaya keselamatan, sebutkan !

Jawab : Keselamatan adalah nilai yang diketahui dengan jelas, Kepemimpinan untuk keselamatan adalah jelas, Pertanggungjawaban untuk keselamatan adalah jelas, Keselamatan merupakan penggerak pembelajaran, Keselamatan terintegrasi pada semua aktivitas.

Leave a Comment